Lirik Lagu | Syair | Puisi | Meme

Puisi Romantis Terbaru 2014 UPDATE!

Bagi kebanyakan orang, mengungkapkan perasaan hati kepada lawan jenis melalui puisi merupakan sebuah dambaan. Ungkapan melalui puisi ini akan dianggap romantis bagi yang menerima. Sebagian orang tidak kesulitan untuk mengungkapkan isi hatinya dengan kata-kata indah serta penuh dengan metafora, namun sebagian orang lain justru sangat kesulitan. Untuk mengatasi itu banyak situs-situs online yang menyediakan kumpulan puisi romantis terbaru. Puisi-puisi ini bisa dijadikan sebagai rujukan awal untuk membuat puisi sendiri. Puisi-puisi tersebut dapat dipelajari kemudian cobalah untuk membuat sebuah puisi sendiri.

Salah satu teknik yang sering digunakan untuk bersikap romantis adalah dengan memberikan pujian. Kita bisa mengumpamakan beberapa karakter khas pada diri orang yang disuka atau disayang dengan tumbuhan atau binatang tertentu.
Garis senyummu seperti kupu-kupuMerekah berterbangan menjinakkan mataTatapmu seperti kunang-kunang malamBercahaya menyinari gelisah di dada
Syairpuisi romantis diatas mengandaikan senyum dan tatapan pujaan hati dengan perumpamaan binatang kupu-kupu dan kunang-kunang. Apa yang hendak diungkapkan dalam puisi ini adalah bahwa senyumnya itu manis dan tatapannya cerah. Kedua binatang ini dianggap binatang yang indah, sehingga cocok digunakan sebagai perumpamaan. Namun demikian, perlu juga hati-hati dalam memberikan pujian. Hindarilah memberikan pujian yang terlalu berlebihan yang tidak sesuai dengan kenyataannya. Orang-orang tertentu justru tidak suka jika mereka diumpamakan sesuatu secara berlebihan.

Syair Puisi Romantis
Syair Puisi Romantis

Hal terpenting dalam puisi romantis adalah pesan apa yang hendak disampaikan serta perumpamaan apa yang hendak digunakan. Pastikan dulu apa pesannya, apakah hendak mengungkapkan perasaan yang terpendam, rasa kasih sayang mendalam, dan lain sebagainya. Gunakan juga perumpamaan yang tepat serta disukai oleh orang yang dituju. Seperti yang telah disebutkan di atas, beberapa orang tidak suka dengan perumpamaan yang terlalu berlebihan, sehingga hal ini harus diperhatikan dengan cermat. misalnya, syair puisi berikut menggambarkan ungkapan perasaan sayang yang dalam:

Di relung hati ini, ada jejak namamu
Tak terhapus, selalu membayang setiap waktu
Dan aku tak tahu bagaimana hendak memujimu
Kecuali bahwa aku ingin selalu menyayangimu

Lalu bagaimanakah dengan kata-kata yang indah? Bagaimana caranya agar kita dapat membuat sebuah puisi romantis yang benar-benar menyentuh hati? Bagi sebagian orang hal tersebut dianggap sebagai bakat, namun bagi sebagian lagi kemampuan tersebut bisa didapatkan dengan latihan. Cobalah cari satu puisi romantis yang sangat disukai, kemudian pelajari puisi tersebut. Apa kata-kata yang dia gunakan? Kira-kira, kenapa dia menggunakan itu? Dapatkah kita membuat puisi yang serupa? Cobalah tiru pola dan penggunaan kata-katanya, tentunya dengan improvisasi sendiri.
Copyright © Kata Talita. All rights reserved. Template by CB. Theme Framework: Responsive Design