Lirik Lagu | Syair | Puisi | Meme

Puisi Kehidupan - Syair Puisi Kehidupan

Kerapkali pengalaman-pengalaman berharga di dalam hidup kita layak untuk dituliskan menjadi sebuah karya. Salah satunya adalah dengan menjadikannya sebagai puisi. Puisi kehidupan mengungkapkan pesan-pesan terdalam yang dapat ditemukan dalam kehidupan kita sehari-hari. pesan-pesan yang bisa saja menginspirasi untuk kehidupan orang lain. 

Kehidupan sering digambarkan sebagai sesuatu yang berat sehingga tidak jarang kita menjadi putus asa. Namun, bagaimanapun kehidupan harus tetap terus berjalan, bukan? Karena hanya dengan inilah kita dapat menghilangkan keterputusasaan kita itu. kita bisa mengungkapkannya dengan dalam syair berikut: 

Berjalan di padang pasir
Kita kehausan, menyerah pada keadaan
Tapi jika berhenti, terik matahari akan semakin menyakiti
Teruslah berjalan, setiap padang pasti memiliki oase
Tempat kita untuk melepaskan segala dahaga dan putus asa

syair puisi kehidupan


Dari syair tersebut kita bisa menyimpulkan, kita bisa mengandaikan sebuah perjalanan yang sangat sulit untuk menggambarkan kehidupan. Perumpamaan yang digunakan tidak harus padang pasir, bisa jadi juga hal yang lain. kita bisa dengan bebas memilih perumpamaan yang paling mudah untuk diungkapkan. 

Kehidupan memang sering diandaikan sebagai sebuah perjalanan. perjalanan menuju masa depan hingga kita akhirnya meninggal dunia. Di dalam perjalanan kehidupan tersebut, kita biasanya memiliki impian. Impian itu ada di awang-awang, seringkali justru tidak jelas. Satu-satunya hal yang bisa membuat kita sampai ke tujuan adalah keyakinan, berani mengambil resiko, dan terus berjalan.

Namun demikian, untuk mencapai tidaklah mudah untuk mencapai tujuan yang diinginkan. Pengalaman kehidupan kita membuktikan bahwa ada kalanya kita berada di atas dan ada kalanya kita berada di bawah. 
Ya, ungkapan klasik yang sering digunakan adalah hidup itu seperti roda. Kita masih bisa menggunakan perumpamaan ini sebagai bahan untuk syair puisi kehidupan kita, namun dengan cara yang lebih kreatif. 
Misalnya saja kita mengganti roda dengan kincir yang sama-sama berputar. Misalnya seperti syair berikut:

Seperti kincir berputar cepat terkena angin
Dalam sekejap hidup bisa berubah arah
Karena beratnya beban
Seumpama angin yang berhembus kencang

Begitu banyaknya hal yang bisa dijadikan sebagai puisi, sehingga kita bisa membuat sebuah kumpulan puisi tentang kehidupan. Puisi-puisi ini bisa saja disimpan sendiri, dikirim ke media massa, diterbitkan menjadi sebuah buku, di-share di FB atau Twitter, atau di-posting di situs online. siapa tahu puisi-puisi tersebut nantinya bisa menginspirasi orang lain untuk menjalani kehidupan mereka dengan lebih baik untuk ke depannya.
Copyright © Kata Talita. All rights reserved. Template by CB. Theme Framework: Responsive Design