Lirik Lagu | Syair | Puisi | Meme

Nama Julukan Lucu Jeneng Wadanan Jawa



Arti kata jeneng wadanan dalam bahasa Jawa adalah nama julukan (alias) sebagai panggilan seseorang. Fungsi sebenarnya ialah untuk membedakan orang yang kebetulan punya nama yang sama. Tapi kini, sering diplesetkan dengan maksud mengejek (ngenyek), mengolok-olok orang lain atau sekedar lucu-lucuan. Yati Pesek, Eli Sugigi, Darto Helm, Rico Ceper, Arie Daging, Arie Kriting adalah contoh wadanan nama artis pelawak terkenal Indonesia.

Nama wadanan biasanya ditempatkan di belakang nama panggilan. Dan hanya berlaku dikalangan teman atau orang dekat saja. Karena wadan-wadanan itu bukan hal baik, tak semua orang bisa menerima. Kadang malah bikin marah. Kecuali disengaja oleh yang bersangkutan sendiri biar terdengar lucu hingga mudah diingat orang. Makanya, jangan suka madani teman. Misalnya ada sobat kamu bernama asli Joni tapi giginya tongos, jangan manggil Joni Mrongos deh... Kasian. Ntar si Joni jadi minder dan... tambah mrongos!!

Jeneng wadanan diberikan berdasar banyak faktor. Seperti yang tercantum di bawah ini.

Nama wadanan Berdasar Profesi

Julukan ini terdengar lebih sopan. Biasanya berlaku secara umum. Fungsinya agar mudah membedakan orang yang dimaksud. Maklum, banyak orang dengan nama sama di satu daerah. Istilahnya, nama pasaran.

Contohnya, ada 3 orang bernama Budi. Budi yang berprofesi dokter diwadani Budi Dokter. Yang punya kerjaan tukang pijet dipanggil Budi Pijet. Sedang yang jadi penjual susu disebut Budi Susu.
Repotnya, jika ketiganya diabsen berdasar urutan abjad, jadinya bisa begini: Budi Dokter Pijet Susu... auw!! Geli.......!!

Nama wadanan berdasar asal daerah

Julukan ini berlaku di daerah heterogen yang masyarakatnya berasal dari berbagai daerah. Fungsinya sama aja untuk memudahkan bedain orang yang bernama sama. Jadi, kalo ada orang yang bertanya, dengan menyebut nama serta daerah asalnya, masyarakat sekitar dengan cepat bisa memberikan informasi. Lebih cepat dari Google Search.

Contohnya, jika ada tiga orang bernama Tarek, Tarek asal Medan dipanggil Tarek Medan. Tarek dari Jakarta disebut Tarek Jakarta. Sedang Tarek yang asli Surabaya dipanggil Tarek Surabaya.
Jika ketiganyakebetulan bersama di terminal, yang paling praktis adalah kernet busnya. Tinggal teriak aja: “Surabaya – Jakarta - Medan, Tareeek..........!!”       

Nama wadanan berdasarkan kondisi fisik seseorang

Ini yang paling umumdipakai untuk ngeledek (ilok-ilokan) dan mentertawakan orang. Biasanya berlaku di kalangan teman sepermainan anak-anak muda, biar lebih akrab katanya. Padahal, wadanan macam ini sangat menyinggung perasaan. Gimana tidak? Padanan kata yang dipakai sangat kasar. Sebaian besar memakai nama binatang dan kata-kata tak layak lainnya. Contohnya seperti ini:

Wadanan lucu untuk memanggil orang berbadan kurus. Contohnya: Arief Keceng, Sudi Gepeng, Ali Peyek, Mat Cakil, Iwan Gereh, Susi Ilir, Ayu Biting, Rudi Cungkring dll
Wadanan koplakuntuk memanggil orang berbadan gemuk: Rudi Gajah, Wawan Kebo, Yayuk Limbuk, Rebecca Njemblung, Jimmy Jemblem, Tatok Bagong, Rosa Kingkong, Koko Tong dll
Wadanan asbununtuk memanggil orang berbadan pendek: Dedy Cebol, Jessy Ndeprok, Wulan Ndodok, Rizki Bonsai, Rio Kodok, Rico Ceper, Hari Kuntet dll
Wadanan konyoluntuk memanggil orang berbadan kecil tapi lincah: Jupri Precil, Anton Kampret, Siti Menthil, Budi Bajing, Kardi Kancil, Suryo Walang, Sumo Kepinjal dll

Wadanan berdasar sifat dan kebiasaan

Setali tiga uangdengan kondisi fisik, sifat dan kebiasaan seseorang bisa dijadikan wadanan. Ironisnya, bukan sifat dan kebiasaan baik yang jadi bahan olok-olokan, melainkan yang buruk. Ini contohnya:

Wadanan koplak untuk orang yang suka kentut sembarangan: Udin Tlegu (sigung), Jani Badeg, Dwi Ndobol, Abu Brut, Tri Ngentut dll
Wadanan sinis untuk orang yang sangat cerewet: Wati Nyocot, Paini Njijris, Parno Congor, Darno Ngablak, Marni Criwis dll
Wadanan gokil untuk orang yang suka ngegosip dan omong kosong: Paimin Ngewes, Tukiyem Nggedabrus, Priyo Abab, Ijah Cucukan, Puji Ember dll

Kalo wadanan untuk cowok yang suka terangsang apa ya? Suceng. Singkatan dari suka ngac_ _ _ ...
Bagi para cowok, silahkan akui wadananmu itu.... wakaka... 

========= ==========

Nama Julukan Lucu Jeneng Wadanan Jawa tadi hanya untuk nambah wawasan aja. Cuma ilmu pengetahuan gak penting biar kamu tahu artinya. Siapa tahu ada teman, atau kamu sendiri diwadani dengan julukan miring seperti contoh di atas, bisa menolak dengan tegas. Kalau diwadani cakep sih ho-oh aja. Contohnya: Syahrini mundur... mundur... cantik... Byur...!! (nyemplung kali)


Sampai di sini kiranya artikel kocak konyol koplak tentang Nama Julukan Lucu Jeneng Wadanan Jawa. Tolong jangan dijadikan literatur daftar kumpulan nama Jawa yang baik untuk bayi. Sebab, wadan-wadanan mengganti nama orang lain seenak perut sendiri itu tak baik. Kasihan orang tua udah kasih nama bagus kok dijadikan bahan lelucon. Gak lucu!! Lebih baik baca banyolan Jowo ngakak lainnya ini:  Gojekan Jowo Modus atau Dagelan Jowo Semar vs Google dan Gambar DP Koplak Bahasa Jawa lan isih akeh liyane 
 
Copyright © Kata Talita. All rights reserved. Template by CB. Theme Framework: Responsive Design